Tuesday, January 16, 2007

Kemilau Festival Pahat Es Internasional di Harbin


15/01/2007 06:40

LEAD
Beragam bentuk pahatan es mulai dari replika Kota Terlarang hingga maskot Olimpiade Beijing 2008 diciptakan dalam Festival Pahat Es Internasional. Festival tahun ini adalah hasil kerja sama Cina dan Kanada.

PKG
Harbin: Selama dua dekade terakhir, Kota Harbin di Cina semarak dengan kemilau karya seni pahat es setiap musim dingin tiba. Kota tersebut kembali tuan rumah Festival Pahat Es Internasional yang digelar belum lama ini. Untuk tahun ini, para pemahat es dari berbagai negara mengangkat tema beragam salah satunya adalah maskot Olimpiade Beijing 2008.

Balok-balok es yang digunakan para pemahat diambil dari Sungai Song Hua Jiang yang membeku. Salah satu karya yang dipamerkan dalam festival ini adalah duplikat bangunan Kota Terlarang di Beijing. Selain Kota Terlarang, balok-balok itu juga menjelma menjadi binatang, tokoh animasi, dan dongeng maupun bangunan-bangunan terkenal dunia.

Festival pahat es internasional tahun ini adalah hasil kerja sama Tim Penyelenggara Cina dan Kanada. Bendera kedua negara menjadi dekorasi pintu masuk pameran. Selain itu, para pemahat Kanada mempersembahkan patung es pasukan berkuda.

No comments: